Recent Post

Iklan

Powered By Blogger

Senin, 10 Mei 2010

ENAM FAKTA BARU TENTANG KOLESTROL


Apa yang anda ketahui mengenai kolestrol?

Rata-rata orang mengetahui bahwa kolestrol bisa memicu timbulnya penyakit jantung atau darah tinggi.Tapi ada beberapa fakta lain yang jarang diketahui orang mengenai kolestrol.

Kolestrol tinggi yang terdapat dalam darah memang berbahaya bagi seseorang, tapi terkadang kolestrol bisa ditemukan dalam kadar yang sangat rendah dalam beberapa orang tertentu.Kolestrol yang terlalu tinggi atau terlalu rendah berisiko mengalami penyakit tertentu. Ini dia beberapa fakta lain mengenai kolestrol,sperti dikutip dari CNN.

1 . Kolestrol tinggi tidak bisa terelakkan pada beberapa orang.Terkadang banyak orang yang memiliki kolestrol tinggi karena factor genetic, sehingga tingginya kadar koletrol jahat (LDL) selalu berada dalam kadar yang tidak sehat.orang yang memiliki HIPERKOLESTROLMIA biasanya mewarisi 2gen dari masing masing orangtua.

2 . Kolestrol tinggi bisa dilihat dari kulit.Biasanya orang tahu kolestrolnya tinggi setelah melakukan pemerikasaan dokter.Tapi kolestrol tinggi bisa muncul di kulit sebagai munculnya kemerahan kekuningan yang dikenal dengan Xanthomas, ukurannya bervariasi dan biasanya ditemukan pada sendi, tangan dan kelopak mata.

3 . kolestrol terlalu rendah bisa berbahaya. Kadar kolestrol yang terlalu rendah juga tidak bagus untuk kesehatan. Peneliti menunjukkan ibu hamil yang kadar kolestrolnya rendah cenderung melahirkan bayi premature, serta pada orang dewasa bisa menyebabkan kegelisahan dan dapresi.

4 . Olahraga meningkatkan kolestrol baik. Penelitian terkini dipublikasikan dalam jour-nal of LIPID Research menunjukkan bahwa olahraga bisa meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dalam tubuh.Olahraga yang diperlukan tidak perlu yang berat tapi bisa dengan olahraga ringan saja.

5 . Makanan bebas kolestrol bisa tetap menghasilkan kolestrol.Kolestrol bisanya dibuat di dalam hati binatang dan hanya dapat ditemukan dalam berbagai makanan yang berasal dari binatang seperti daging, susu, dan telur. Terkadang, kolestrol didapatkan dari cara pengolahan makanan tersebut seperti melalui penggoremgan atau manggangan.

6 . Kolestrol tinggi bisa menyebabkan disfungsi ereksi. Peneliti swedia pada tahun 2005 menemukan bahwa pria yang memiliki kadar kolestrol 270 mg/dL atau lebih memiliki kemungkinan 4,5 lima lebih tinggi mengalami disfungsi ereksi. Untuk itu ketahui dengan pasti beberapa kadar kolestrol anda, apakah termasuk kolestrol tinggi atau rendah. Terapkan plola hidup sehat untuk menghidari berbagai risiko kesehatan yang mungkin bisa timbul.

0 komentar: