Recent Post

Iklan

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 05 Mei 2011

Laju Android Tak Terbendung


Sistem operasi Android makin dominan sebagai pemimpin pasar. Lonjakan pertumbuhan OS berlogo robot hijau ini dinyatakan tak terbendung dan makin jauh meninggalkan para pesaingnya seperti Symbian, Apple, ataupun BlackBerry.

Biro riset Canalys mencatat Android punya pangsa pasar 35% secara global, dalam periode penghitungan Januari-Maret 2011. Periode yang sama tahun lalu, kue pasar Android masih di bawah 10%. Ini menunjukkan cepatnya pertumbuhan Android.

Kedigdayaan Android tidak lepas dari banyaknya vendor smartphone besar yang habis-habisan mendukung OS ini. Sebut saja Samsung Electronics, Sony Ericsson, Motorola, HTC ataupun LG Electronics.

Di sisi lain, Symbian dari Nokia yang pernah begitu berjaya di segmen ponsel cerdas harus rela pangsa pasarnya kian tergerus. Dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (5/4/2011), Symbian kini hanya memegang 26% market share dari yang sebelumnya tembus 45%.

Nokia sendiri menyadari performa Symbian makin tak bisa diharapkan. Tak heran mereka kemudian menjalin kerja sama dengan Microsoft untuk mengusung sistem operasi Windows Phone 7.

OS besar lainnya, Apple iOS yang dipakai di ponsel iPhone masih bertaji. Canalys menyebut bahwa iOS memegang pangsa pasar 18% secara global. Kemudian diikuti oleh BlackBerry yang meraup market share 14%.

Canalys juga mencatat handset berbasis Windows Phone 7 dikapalkan sekitar 2 juta unit. Jumlah ini cukup mengecewakan karena dengan sistem operasi yang masih kurang diperhitungkan pun WP 7 kalah. Ia adalah Samsung Bada yang dikapalkan sekitar 3,5 juta unit di kuartal pertama 2011.

0 komentar: