Recent Post

Iklan

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 06 Maret 2012

ASPEK BISNIS DI BIDANG IT

Dalam Ero globalisasi saat ini banyak aspek-aspek yang berkembang dengan pesat. Salah satunya aspek bisnis, setelah munculnya internet bisnis mulai merambak kedalam dunia maya ini,.mulai dari e-commerce sampai bisnis perorangan yang hanya lewat media blog atau situs jejaring sosial, seperti facebook,twiter.

Jenis usaha yang bergerak dalam bidang komputerisasi Salah satu jenis usaha yang bergerak dalam bidang komputerisasi, memang mempunyai prospek yang sangat menjajikan, karena semua kebutuhan informasi di dunia ini tidak akan terlepas dari komputerisasi. sifat manusia pada umumnya yang cenderung prakmatis sangat mendorong agar semua kebutuhannya di supplay secara instan, cepat dan mudah. Tidak heran jika dizaman sekarang teknologi khususnya yang berbasis computer sangat mudah di temui.

Jenis usaha komputerisasi ini, cukup banyak produk yang di rangkul, antara lain adalah hardware computer, software, installasi jaringan atau networking hingga jasa pelayanan maintenance maupun service untuk kalangan rumahan.

Dengan prospek yang menjajikan, dan segment pasar yang tidak terbatas, maka sudah barang tentu resiko yang dihadapi oleh usaha semacam ini juga tidak kalah besarnya, banyak sekali resiko yang mengancap usaha jenis ini, antara lain factor internal dan eksternal, faktor internal dapat timbul dari manusia yang bergelut dalam usaha itu sendiri, dan faktor eksternalnya adalah seperti halnya dengan bencana alam.

Untuk menghindari kesalahan proses yang mengaikibatkan resiko yang sangat merusak baik material maupun tidak, maka perlu dibuat suatu Standart Operasional Prosedur yang notabene bertujuan untuk mencegah atau mengurangi resiko kegagalan dalam proses bisnis.

Tiga propesi bisnis yang paling prospektif :

1. bisnis retail
bisnis retail adalah bisnis produk yang berhubungan langsung dengan kebutuhan konsumen yang di jual secara eceran dalam hal ini produk makanan dan minuman. Maraknya pertumbuhan bisnis retail di indonesia dapat dilihat dari hipermarket di kota kota besar serta minimarket di kota-kota kecil bahkan pedesaan.
contoh bisnis retail di bidang IT :
a. bisnis pengisian pulsa via online.
b. bisnis pengisian tinta printer.

2. bisnis e-commerce
Pengertian E-Commerce atau definisi e-commerce adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
contoh bisnis e-commerce :
a. amazon.com
b. Selain itu juga ada eBay, Yah00 dan Google
c. bhineka.com

3. Bisnis penjualan alat komputer
bisnis ini juga salah satu bisnis yang paling prospektif, bisnis ini juga banyak dminati oleh para pengusaha. karena untuk menjalankan bisnis ini tidak terlalu sulit dan dengan majunya perkembangan jaman, rata-rata masyarakat sekarang memiliki perangkat komputer dan laptop.jadi mengapa bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang paling prospektif. karena banyaknya peminatnya.
contoh bisnis alat komputer :
a. ajc komputer
b. bhineka komputer
c. Krishna Alfamedia Komputer

jadi dengan majunya perkembangan bisnis di indonesia.memungkinkan berkembangnya bisnis-bisnis baru yang lebih inovatif dan beda dengan yang lain.dari ketiga bisnis tersebut pun pasti akan membuat perkembangan bisnis baru.

SUMBER : http://sumberilmu-mukhlis.blogspot.com/2010/05/bisnis-yang-paling-propektif-dibidang.html

0 komentar: