Recent Post

Iklan

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 26 Mei 2010

12 Militan Taliban Tewas Diserbu Pasukan Pakistan

HANGU - Tentara Pakistan yang didukung dengan kekuatan pesawat tempur dan helikopter, menyerbu basis pertahanan militan Taliban di Orakzai, Pakistan. 12 anggota Taliban tewas dalam insiden yang terjadi hari ini.

Operasi ini dilakukan beberapa hari setelah jet tempur Pakistan membombardir tempat yang diduga menjadi markas dari Taliban di Celah Khyber yang berbatasan langsung dengan Afghanistan. Serangan tersebut berhasil menewaskan 45 anggota militan Taliban.


"Tiga tempat persembunyian Taliban sudah berhasil dihancurkan sekira 12 anggota Taliban tewas dalm serangan ini," ungkap pejabat pemerintah Orakzai saat ditanyai mengenai operasi militer hari ini.

Wilayah Orakzai dan Khyber merupakan daerah semi-otonomi Pakistan yang pemerintahannya dijalankan oleh etnis Pashtun. Dua wilayah ini ditengarai sebagai lokasi persembunyian Al Qaeda yang sering melakukan serangan ke wilayah Afghanistan, melalui perbatasan. Demikian diberitakan Reuters, Minggu (11/4/2010).

Sejak invasi Amerika Serikat (AS) ke Afghanistan tahun 2001 lalu yang menyebabkan hancurnya kekuatan Taliban, Pemerintah Pakistan dan Afghanistan terus berusaha keras untuk memberantas sisa perlawanan dari Taliban. Pasukan Pakistan umumnya melakukan operasi militer di barat daya Pakistan, dari Lembah Sawat, Waziristan Selatan hingga ke Wilayah Bajaur dekat Afghanistan.

Saat ini pihak keamanan memfokuskan diri untuk melakukan operasi militer di wilayah seperti Orakzai dan Khyber. Di dua wilayah ini militan Taliban yang kabur dari Afghanistan mencari perlindungan dari penangkapan pihak keamanan Afghanistan.

0 komentar: