Recent Post

Iklan

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 05 November 2009

Motivasi dalam meraih kesuksesan

Motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku.

Kata motivasi dewasa ini sangatlah sering kita dengar dari mulut ke mulut setiap orang.pada dasarnya motivasi adalah suatu keadaan dimana akan membangkitkan semngat kita untuk meraih keinginan kita.

Motivasi sangatlah erat hubungannya dengan ambisi dan keinginan.jika salah satu diantara hal tersebut tidaklah ada maka motivasi tidak akan muncul karena memang benar jika kita memiliki ambisi haruslah disertai motivasi yang kuat agar ambisi atau keinginan kita tercapai.terkadang banyak sekali diantara kita memiliki ambisi tetapi tidak adanya inisiatif dan kemauan atau keberanian untuk mengambil langkah kedepan dan pada akhirnya ambisi atau keinginan tersebut hanya menjadi angan-angan belaka.

Prinsip motivasi
1. motivasi merupakan proses psikologis dengan membangkitkan emosional.
2. motivasi berproses tanpa disadari.
3. motivasi bersifat individual sehingga cara memotivasi tiap orang bisa berbeda-beda atau juga dari waktu ke waktu mengalami perubahan. Namun inti dari motivasi itu bersumber dari diri sendiri (motivatornya maupun orang yang dimotivasi).
4. Motivasi adalah proses sosial, sehingga membutuhkan faktor eksternal

Sumber motivasi:
* Motivasi Internal yaitu motivasi dari dalam diri, dari perasaan dan pikiran diri sendiri. Orang yang memiliki motivasi internal, akan memandang dirinya secara positif.
* Motivasi eksternal yaitu motivasi dari luar. Contohnya dari bacaan yang memotivasi, lingkungan sekitar sperti sahabat,teman bahkan orang tua kita sendiri,dan dari kehidupan sehari-hari yang kita jalankan contohnya jika kita iri kepada teman kita yang lebih pintar tapi masih bersifat positif dan kita ingin seperti dia merupakan salah satu hal yang menumbuhkan motivasi.


Tips memotivasi secara internal:
1. Ciptakan Imbalan. Kalau saya melakukan A maka akan mendapatkan rumah mewah. Dengan begitu diri kita akan termotivasi untuk melakukan A.
2. Ambil selalu langkah kecil. Terkadang untuk mendapatkan sesuatu yang besar perlu langkah-langkah kecil.
3. Ciptakan Kesusahan. Ini adalah kebalikan dari yang pertama. misalnya kalau saya tidak melakukan B maka jabatan tidak naik. Tentu kita akan termotivasi untuk melakukan tindakan B.
4. Susun Rencana beserta langkah-langkahnya. Dengan memiliki rencana, anda seolah-olah punya alur dan plot menuju tujuan.Susun rencana sebaik mungkin dan secerdik mungkin karena secara tidak langsung ini akan memotivasi dalam mencapai tujuan.
5. Buat penarik ke arah tujuan. Misalkan kita ingin naik haji, cetak MMT dengan ukuran besar gambar ka’bah. Ini hanya contoh saja.

Banyak sekali hal yang dapat kita lakukan untuk memotivasi diri kita seperti:

Tips-tips membangun motivasi
1. memiliki visi atau tujuan yang jelas.jika kita memiliki gambaran yang jelas dan keinginan yang kuat untuk mencapai keinginan kita dan disertai tekat yang kuat pula maka kita akan bisa merealisasikan hal yang kita inginkan.

2. Kemauan merupakan salah satu hal yang sangatlah penting untuk meningkatkan motivasi dalam diri kita.kemauan sangatlah dasar dari semua keinginan kita tetapi sangatlah sulit untuk menerapkannya.maka marilah kita mulai sedikit demi sedikit coba untuk menumbuhkan rasa ingin atau mau untuk menggapai keinginan kita yaitu kesuksesan.

3. Emosi terkadang menjadi suatu batu sandungan atau bahkan menjadi suatu hadangan besar dalam meraih keinginan kita.jika kita mengalami hambatan dalam meraih keinginan maka hal yang paling penting adalah mengontrol emosi kita.jika kita tidak bisa mengontrol emosi kita maka hal itu akan membuat motivasi dalam diri kita akan menurun atau bahkan kita akan berhenti ditengah jalan.tetapi jika kita bisa mengontrol emosi dalam diri kita maka keinginan atau kesuksesan kita berada didepan mata.

4. Disiplin.jika berbicara tentang disiplin sangatlah singkat tetapi penerapannya sangatlah sulit.kunci sukses memanglah disiplin.semua motivasi yang kita bangun akan menjadi sia-sia jika kita tidak disiplin dan semua impian kita tinggal menjadi kenangan.

5. Waktu.janganlah pernah membuang waktu percuma dengan melakukan hal yang tidak penting.semua waktu adalah waktu yang tepat untu melakukan hal yang positif demi kemajuan kita.

6. Belajar merupakan suatu hal yang tidak akan pernah selesai atau habis dalam hidup kita.janganlah pernah berhenti untuk belajar karena orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu sedangkan orang yang belajar akan menjadi pemilik masa depan yang sangatlah indah.

7. Ketepatan Sikap adalah dasar semua ketepatan.tidak ada penghalang keberhasilan jika sikap kita tepat dan tidak ada yang bisa menolong jika sikap kita salah.

8. Cara berpikir merupakan media atau sarana pembantu kita untuk kesuksesan.cobalah berpikir positif dalam menyikapi semua persoalan yang kita hadapi dan cobalah berpikir panjang sebelum melakukan sesuatu hal tetapi jangan menjadi sebuah hal yang membuat kita takut untuk melangkah lebih jauh.

9. Melakukan langkah-langkah yang telah kita susun dalam meraih keinginan menjadi suatu hal yang menyenangkan dan tidak membosankan agar perasaan kita menjadi lebih nyaman walaupun harus melakukan tantangan yang baru dan sulit.

10. Perubahan.hal yang harus kita lakukan demi kemajuan kita dan semua bentuk perubahan haruslah positif yang merupakan kunci sukses kita.

Semua hal yang telah dikutip baik definisi maupun berbagai macam tips untuk meningkatkan motivasi diri kita merupakan sebagian kecil dari kunci sukses menggapai cita-cita atau impian.

Motivasi terkadang menjadi suatu dorongan atau hal yang mungkin tanpa disengaja timbul dari salah satu bagian jiwa kita dan motivasi itu juga bisa kita tumbuhkan sendiri seperti memotivasi diri kita agar bisa menjadi orang cerdas ataupun orang yang bijak.bahkan juga kita memotivasi diri ini untuk mencoba memiliki seorang wanita yang menjadi pujaan hati.

Banyak jiwa-jiwa yang ingin sekali memotivasi dirinya untuk menjadi seorang yang lebih baik dari sebelumnya.tetapi terkadang ada jiwa yang merasa tidak harus memperbaiki diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Padahal Tidak ada sebuah kebenaran tanpa sebuah keinginan untuk memperbaiki.
Tidak ada sebuah kebenaran tanpa sebuah keinginan untuk melepaskan rasa bernama”Merasa Benar.”
Semua yang benar akan menjadi benar ketika kita “Sadar” untuk memperbaiki diri kita.

Semua hal tersebut memiliki jawaban pada diri kita masing-masing.apakah kita sudah merasa tidak ada yang harus diperbaiki dalam diri kita atau masihkah kita harus memperbaiki diri kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Marilah kita semua coba untuk berkoreksi diri kembali sejauh mana keinginan atau kemauan kita untuk memotivasi diri ini menjadi lebih baik agar kita semua bisa menggapai keinginan dan cita-cita kita.

0 komentar: