Recent Post

Iklan

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 29 Oktober 2009

KOMUNIKASI

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Komunikasi biasa manusia lakukan setiap hari baik secara langsung ataupun tidak langsung.contoh komunikasi secara langsung seperti berhadapan satu sama lain sedangkan komunikasi tidak langsung seperti menggunakan media elektronik seperti hanphone dll.

Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan, dan penyiaran. Komunikasi dapat berupa interaktif, transaktif, bertujuan, atau tak bertujuan.

Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.jika komunikasi yang terjadi atau berlangsung tidak dimengerti atau dipahami oleh pihak lain maka pesan yang disampaikan tidak berjalan sesuai keinginan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi

Semua hal yang harus dilakukan atau diperhatikan dalam komunikasi agar komunikasi berjalan dengan baik dan pesan yang disampaikan tercapai sesuai maksud dan tujuan.diantaranya adalah

  • KOMUNIKATOR(sender) adalah pihak yang mengirim pesan ke pihak lain.

Dalam hal ini si pengirim pesan harus bisa mengutarakan maksud dan tujuan dengan baik agar bisa dimengerti oleh pihak lain

  • PESAN adalah isi atau pernyataan yang dimaksud oleh pengirim

Dalam hal ini penggunaan kata atau kalimat harus disesuaikan dengan lawan bicara atau dengan kata lain menggunakan kata kata yang mudah dicerna oleh si penerima.

  • MEDIA adalah peralatan atau sarana yang digunakan untuk mempermudah komunikasi
  • PENERIMA(receiver) adalah pihak yang menerima pesan darai komunikator
  • UMPAN BALIK(feedback) adalah tanggapan dari pesan yang diterima

Dalam hal ini sangatlah penting adanya feedback.jika feedback tidak terjadi maka komunikasi tidak berjalan dua arah dan pesan yang dimaksud tidak sesuai keinginan.

JENIS KOMUNIKASI

Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol verbal. Simbol verbalbahasa merupakan pencapaian manusia yang paling impresif. Ada aturan-aturan yang ada untuk setiap bahasa yaitu fonologi, sintaksis, semantik dan pragmatis.

Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Contoh komunikasi nonverbal ialah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara.

Para ahli di bidang komunikasi nonverbal biasanya menggunakan definisi "tidak menggunakan kata" dengan ketat, dan tidak menyamakan komunikasi non-verbal dengan komunikasi nonlisan. Contohnya, bahasa isyarat dan tulisan tidak dianggap sebagai komunikasi nonverbal karena menggunakan kata, sedangkan intonasi dan gaya berbicara tergolong sebagai komunikasi nonverbal. Komunikasi nonverbal juga berbeda dengan komunikasi bawah sadar, yang dapat berupa komunikasi verbal ataupun nonverbal.

Perbedaan dari jenis komunikasi diatas adalah komunikasi verbal lebih menggunakan kata keseharian atau tidak menonjolkan hal hal seperti non verbal.komunikasi non verbal digunakan agar sang penerima lebih paham atau mudah paham dengan apa yang dimaksud dari sender

MEDIA KOMUNIKASI

Media komunikasi terbagi menjadi media elektronik atau non elektronik.contohnya:

1 . Televisi

salah satu media komunikasi yang berperan penting dalam perkembangan komunikasi.dari tahun ketahun televise memberikan perkembangan yang signifikan dalam sarana komunikasi

2 . media massa atau Koran

Media ini juga banyak sekali yang digunakan oleh setiap orang karena ukuran yang lebih efisien dan isinya berbobot.koran terlebih dulu ada sebelum media elektrnik karena dahulu system komunikasi jarak jauh yang digunakan menggunakan surat,dan itulah cikal bakal Koran sampai sekarang ini masih ada ditengah majunya perkembangan media lainnya.

3 . Telephone

Alat komunikasi yang sangat digunakan oleh siapapun karena bisa berbicara langsung dengan pihak lain walaupun di tempat berbeda.

Perkembangan alat ini juga sangat pesat dan banyak kegunaan lain dewasa ini.

4 .INTERNET

Alat komunikasi yang sangatlah berguna dan sangat canggih karena media ini bisa kita gunakan untuk berkomunikasi tanpa ada jarak yang berarti.

5 . RADIO

Media komunikasi yang sampai sekarang menjadi salh satu media yang bertahan dan sering digunakan.media ini sangatlah bersejarah bagi bangsa Indonesia dalam menggapai kemerdekaan.

Dampak komunikasi

Komunikasi memiliki berbagai dampak dalam perkembangannya baik positif atau negatif.

- dampak positif

komunikasi berdampak positif bila penggunannya dikelola secara baik dan benar sesuai porsinya.jika itu semua berjalan baik maka komunikasi akan berguna dalam kehidupan sehari hari.contohnya seperti berita perkembangan teknologi yang bisa kita update setiap hari.

Dampak positif untu diri saya pribadi komunikasi itu bisa membuat kita memiliki banyak koneksi di berbagai tempat dan memiliki banyak wawasan yang luas dari berbagai sumber.

- dampak negatif

komunikasi akan berdampak negative jika dalam kehidupan kita tidak menempatkan sesuai porsinya.contohnya dari penggunaan internet yang menjangkau apa saja terkadang akn membuat anak remaja yang masih labil akn menggunakan dengan salah.

Dari sisi negatif banyak sekali yang bisa dikemukakan seperti dari media televisi terkadang memberikan tontonan yang tidak layak untuk dilihat.dan televisi jika digunakan berlebihan akan membuat anak menjadi malas.

Dampak negative buat saya terkadang pesatnya alat komunikasi membuat saya menjadi “manja” karena membuat segala sesuatuny menjadi instant.hal tersebut haruslah bisa di atur sebaik mungkin.

Dari semua hal yang telah saya kutip atau saya buat berintikan yaitu komunikasi merupakan hal yang setiap hari,setiap jam kita lakukan secara langsung maupun tidak langsung.memiliki bagian bagian atau tahap tahap dalam penggunannya.berbagai jenis komunikasi yangf kita gunakan setiap hari dari dulu sampai sekarang adalah salah satu bagian dalam perkembangan hidup saya.

Komunikasi memiliki berbagai cara untuk dilakukan bisa langsung dan tidak lagsung.berdampak positf dan negatif hanya kita lah yang harus bisa menggunakannya agar tidak salah dan bisa bermanfaat dalam kemajuan hidup kita.

0 komentar: