Recent Post

Iklan

Powered By Blogger

Kamis, 05 Mei 2011

China Dirikan Kantor Khusus Sensor Internet


China dikenal sebagai negara yang sangat memperhatikan sensor internet. Agar lebih efisien, China pun mendirikan lembaga khusus yang mengaturnya.

Kantor Informasi Internet China, demikian sebutannya, menggabungkan seluruh badan pengawas internet di China menjadi satu lembaga. Pemerintah China melalui situs resmi pemerintahannya menyebutkan, lembaga ini akan secara langsung berkoordinasi dan mengawasi manajemen konten online dan menangani persetujuan administratif semua bisnis yang berhubungan dengan online news reporting.

Dilansir PC World dan dikutip detikINET, Kamis (5/5/2011), kantor ini pada dasarnya juga didapuk sebagai lembaga pusat untuk semua komunikasi online yang terjadi di seluruh China.

Tanggung jawab lembaga ini diantaranya, bekerja mengimplementasikan kebijakan komunikasi internet, mempromosikan konstruksi sistem legal dan memandu lembaga informasi internet di setiap daerah.

Kantor informasi internet China juga mengatur situs berita dan karya publisitas online pemerintah. Jika sebuah situs dinilai melanggar hukum dan regulasi, lembaga ini memiliki kewenangan untuk melakukan investigasi dan menghukum pelanggar.

Aspek telekomunikasi juga masuk dalam kekuasaan lembaga ini. Kantor informasi internet China overseeing, upaya perusahaan telekomunikasi dalam mengembangkan manajemen pendaftaran nama domain, distribusi alamat IP, serta pendaftaran situs dan akses internet menjadi bagian dari tugas lembaga ini.

Dan yang terakhir, lembaga ini berperan pula di ranah hiburan online, yang meliputi pengembangan game online, video online, bisnis audio dan industri publikasi online.

0 komentar: