Recent Post

Iklan

Powered By Blogger

Senin, 04 Oktober 2010

Grafik Komputer Konsep 3 Dimensi

Alur Proses Grafik Komputer 3D

•Penetapan ruang model.
•Transformasi model adalah menempatkan model pada sistem koordinat umum yang disebut ruang dunia (world space).
•Semua objek, sumber cahaya dan sudut pandang pengamat, berada pada ruang dunia.
•Penolakan dilakukan terhadap bagian-bagian yang tidak perlu dalam upaya optimisasi.

•Cahaya menyebabkan suatu objek dapat terlihat
•Warna objek ditentukan dari properti material objek itu sendiri dan sumber cahaya pada tampilan tersebut.
•Algoritma Illuminasi tergantung pada model bayangan (shading model) dan model permukaan (surface model).

•Transformasi pengamatan adalah bentuk lain dari koordinat sistem
•Memetakan titik-titik yang ada pada ruang dunia ke ruang mata
•Posisi pengamat ditransformasikan ke asalnya
•Arah pengamatan diorientasikan sepanjang axis
•Mendefinisikan pengamtan volume.

•Selanjutnya dilakukan kliping pada tampilan objek dalam gambaran volume 3D yang disebut viewing frustum
•Pada tahap ini dilakukan eliminasi total pada objek (dan bagian objek) yang tidak visible bagi citra.•Objek selanjutnya diproyeksikan ke dalam 2D
•Transformasikan dari ruang mata ke ruang tampilan (screen space)

space•Transformasi akhir, dari ruang koordinat tampilan (screen-space coordinate) ke viewport coordinate
•Tahap rasterisasi melakukan scanobjek dan mengkonversinya ke dalam pixel
.•Melakukan interpolasi parameter
•Melakukan beragam operasi 2D




Model 3D
•Model : representasi objek atau sistem
•Pemodelan : kreasi dan manipulasi representasi objek atau sistem•Model -> Render -> Display
•Tipe Model–Model Geometri
•Penggunaan entitas geometri untuk menggambarkan objek
•Contoh : garis, poligon, kurva, dll–Model Descriptive
•Representasi matematik atau konseptua
l•Contoh : persamaan dan deskripsi atribut
•Representasi Pemodelan–Constructive Solid Geometry (CSG) dan Hierarchical Modelling–Hierarchical Modelling : model grafis yang disusun dari sejumlah model individual–Hierarchical model melibatkan proses transformasi++


Representasi
•Representasi Objek 3D–Representasi Batas
•Representasi Permukaan
•Facet poligon, permukaan spline dikonversi ke dalam bentuk jaring poligon–Representasi Solid (Space partitioning)
•Representasi objek melalui sekumpulan set padat (kubus).
•Suatu Objek tersusun dari kumpulan poligon (facet).
•Setiap permukaan dari poligon yang membentuk objek akan memuncukan garis Normal, yaitu vektor tegak lurus pada permukaan. Fungsinya untuk bayangan


Pengamatan 3D
Bagaimana menetapkan ….
•Dari sudut mana kita memandang objek tersebut ?
•Dimana kita melihatnya objek tersebut ?
•Dengan cara seperti apa kita melihat objek tersebut ?



Pengamatan 3D menyerupai proses pengambilan gambar melalui fotografi !
Analogi Kamera dan Transformasi :
•Transformasi Proyeksi Menyesuaikan lensa pada kamera Sudut pandang Paralel atau Proyeksi
•Transformasi PandanganTripod : mendefinisikan posisi dan orientasi volume pandangan di dunia nyata
•Transformasi Model, menggerakan model
•Transformasi ViewportMemperbesar atau memperkecil fisik foto.


Hidden Surface Removal
•Bagaimana cara kita menampilkan objek yang saling bertumpang tindih sehingga pada akhirnya hanya bagian depan dengan pixel yang berkontribusi saja yang tampil ?
•Dapatkah kita melanjutkannya (memperbesar/memperkecil area yang bertumpang tindih) dan menghindari rasterisasi yang tidak diperlukan ?
•Dapatkah kita menangani objek yang transparant dan semi-transparant ?


Illuminasi
•Illuminasi : Perpindahan energi(khusunya luminous flux dari cahaya yang terlihat) dari sumber cahaya ke permukaan dan titik-titik.
•Bagaimana kita memodelkan cahaya/sinar ?
•Bagaimana kita memodelkan pantulan dari permukaan yang dikenai cahaya
•Komponen Illuminasi :
–Sumber Cahaya
•Spektrum Daya Pancar/ Emittance Spectrum (Warna)
•Geometry (posisi dan arah)
•Pelemahan Arah /Directional Attenuation
–Properti Permukaan/Surface Properties
•Spektrum Pantulan /Reflectance Spectrum (Warna) untuk beragam aspek illuminasi
•Geometry (posisi, orientasi,dan struktur mikro)
•Penyerapan



Bayangan
•Bayangan adalah proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan menggunakan model illuminasi.
•Metodenya melliputi :
–Penentuan permukaan tampak pada setiap pixel
–Perhitungan normal pada permukaan
–Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi.
•Metode pembuatan bayangan cukup mahal, untuk membuatnya lebih efisien dilakukan melalui kustomisasi untuk merepresentasikan permukaan yang spesifik.
•Jaring poligon secara umum sering digunakan untuk merepresentasikan permukaan yang kompleks.
•Informasi geometri yang tersedia hanyalah vertice dari poligon
•Interpolasi dari model bayangan dapat digunakan untuk meningkatkan substansi secara lebih efisien.



Ragam Teknik Bayangan
-Constant Shading
-GouraudShading
-PhongShading

0 komentar: