Recent Post

Iklan

Powered By Blogger

Rabu, 24 Maret 2010

Hukum Permintaan Dan Penawaran

Dalam ekonomi, pemintaan(demand) dan penawaran(supply) saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas(jumlah barang) yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Tujuan dari teori penawaran dan permintaan adalah menggambarkan bagaimana harga bisa terbentuk dalam mekanisme pasar. Dengan memahami kedua hukum ini, hukum permintaan (Demand) dan hukum penawaran (Supply), kita akan mampu mengerti dengan jelas bahwa harga pada dasarnya terbentuk oleh mekanisme dua hukum ini. Pertemuan antara dua hukum ini dalam satu kondisi merupakan kondisi ideal yang diharapkan oleh para pelaku bisnis.
Dalam terminologi ilmu ekonomi pertemuan hukum permintaan dan hukum penawaran atau yang lebih tepatnya pertemuan dua kurva Permintaan (Demand) dan penawaran (Supply), dikenal dengan istilah titik keseimbangan (equilibrium).
Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.

Hukum permintaan menyatakan bahwa : jumlah produk yang diminta berbanding terbalik dengan harga, artinya jika harga barang naik maka jumlah permintaanya akan turun dan sebaliknya. Tentu saja kondisi tersebut bersifat ceteris paribus artinya semua faktor yang mempengaruhi berlakunya hukum permintaan dianggap tetap.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand) :
1. Perilaku konsumen / selera konsumen
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
3. Pendapatan/penghasilan konsumen
4. Perkiraan harga di masa depan
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen

Permintaan dapat dibedakan menjadi :
1. Permintaan absolut : permintaan yang harus dipenuhi tanpa mempertimbangkan kemampuan
2. Permintaan potensial : permintaan yang disertai kemampuan pembeli
3. Permintaan efektif : permintaan yang benar-benar dilaksanakan

Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

Hukum penawaran menyatakan bahwa : jumlah produk yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga. artinya jika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik dan sebaliknya.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Supply) :
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
2. Tujuan Perusahaan
3. Pajak
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan

Penawaran dapat dibedakan menjadi :
1. Penawaran Individu : penawaran yang dimiliki oleh seorang Penguasa
2. Penawaran besar/Kolektif : penawaran yang terdapat pada pasar

0 komentar: